Friday, October 21, 2016

8 Penyebab Force Close Pada Asus Zenfone dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Force Close Pada Asus Zenfone dan Cara Mengatasinya – Mungkin sebagian dari sobat sudah pernah mengalami tragedi horror ini (termasuk saya sendiri). Force close atau menutup aplikasi secara paksa dan tiba-tiba, biasanya ditandai dengan pemberitahuan seperti “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” atau “This application has stopped unexpectedly”.

Force Close Asus Zenfone
Force Close Asus Zenfone

Mungkin kata-kata itu menjadi momok bagi sebagian orang. Sampe segitunya? Yups, soalnya saya sendiri sering mengalami tragedi ini. Enak-enak maen game, tiba-tiba muncul tulisan “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”, padahal game nya belum di save -_-

Gak hanya untuk maen game saja, force close ini juga menyerang berbagai aplikasi, seperti aplikasi pemutar musik, pemutar video, internetan dan maen game tadi. Sungguh jadi momen paling nyebelin, bahkan bisa marah-marah sendiri.

Sebenarnya force close ini tidak hanya terjadi di Asus Zenfone saja, smartphone lain pun juga sering mengalami kejadian yang sama. Lalu, apa sih penyebab force close? cara mengatasinya gimana? Mari kita bahas satu per satu dibawah ini.
Baca juga : 4 Cara Mengatasi Baterai Asus Zenfone Yang Cepat Panas

8 Penyebab Force Close Asus Zenfone

1. Versi Android Tidak Kompitabel
Maksudnya versi sistem operasi smartphone Anda tidak sesuai atau kurang memenuhi syarat untuk menjalankan aplikasi tersebut. Biasanya versi android terlalu tua untuk menjalankan aplikasi terbaru. Jadi si android memaksakan kinerjanya dan tidak kuat, yang bisa saja membuat force close.

2. Smartphone Tidak Kompitabel
Tak hanya versi sistem operasi saja yang bisa menyebabkan force close, tipe atau standardisasi smartphone juga bisa menyebabkan kejadian yang sama. Misalnya tipe smartphone yang tidak cocok dengan aplikasi tertentu.

3. Aplikasi Masih Beta
Aplikasi yang masih dalam keadaan beta memang masih mempunyai banyak bug atau permasalahan, karena masih dalam proses pengembangan dan masih belum sempurna.

4. Aplikasi Dari Luar Playstore
Aplikasi yang sobat dari dari luar playstore tidak menutup kemungkinan sering mengalami force close. Karena bisa saja, aplikasi tersebut tidak cocok dengan smartphone Anda.

5. Koneksi Jaringan
Koneksi jaringan juga ikut andil dalam tragedi force close ini. Seperti aplikasi google chrome yang tiba-tiba force close karena jaringan koneksi yang tidak stabil.

6. Aplikasi Corrupt
Data aplikasi corrupt juga bisa menyebabkan terjadinya force close karena kerusakan pada sebagian data aplikasi tersebut.

7. Smartphone Telah Root
Smartphone yang sudah melewati vase root atau telah dimodifikasi sistemnya juga dapat menyebabkan terjadinya force close, karena setelah di root/dimodifikasi bisa saja menyebabkan ketidakstabilan sistem si smartphone.

8. Hardware Rusak
Jika ada bagian hardware smartphone yang rusak juga bisa saja menyebabkan force close. Misalnya seperti ada kerusakan pada bagian kamera, jadi aplikasi yang bersangkutan juga akan mengalami beberapa masalah seperti force close.

Nah, setelah kita mengetahui penyebab force close smartphone, mari kita coba selesaikan masalahnya satu per satu.

8 Cara Mengatasi Force Close Asus Zenfone

1. Membersihkan Data Aplikasi
Tips pertama, Anda bisa melakukan pembersihan pada aplikasi yang bermasalah, seperti membersihkan data atau clear cache. Caranya, masuk pengaturan atau setelan, pilih app, lalu pilih aplikasi yang bermasalah, kemudian klik clear data atau clear cache.

2. Sambungkan Smartphone ke Internet
Khusus untuk aplikasi yang berjalan secara online, secara otomatis Anda harus mengaktifkan data terlebih dahulu ke jaringan internet. Dan biasanya, ada beberapa aplikasi yang juga harus mengaktifkan lokasi dari perangkat tersebut. Jadi sebelum membuka aplikasi, tidak adalah salahnya perhatikan dulu jaringan internet dan lokasi.

3. Reinstall Aplikasi
Tips yang ketiga adalah dengan menginstall ulang aplikasi yang bermasalah. Caranya dengan masuk pengaturan atau setelan, pilih apps, kemudian pilih aplikasi yang bermasalah, terus klik copot pemasangan. Lalu, download dan install kembali aplikasi tersebut.

4. Manual Force Stop (Paksa berhenti)
Cara lain untuk mengatasi force adalah dengan force stop atau paksa berhenti. Caranya dengan masuk pengaturan atau setelan, pilih apps/aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang bermasalah, lalu klik force stop (paksa berhenti). Setelah itu, Anda bisa menjalankan aplikasi itu seperti biasa. Atau Anda bisa merestart smartphone Anda terlebih dahulu.

5. Update Aplikasi
Tidak sedikit aplikasi beta yang berkeliaran di internet. Jadi, perhatikan baik-baik aplikasi versi terbaru. Karena jika aplikasi masih beta akan mengalami sering crash atau force close. Jadi, rutin-rutin lah mengupdate aplikasi.

6. Update OS Android
Tak hanya update aplikasi, update sistem operasi android juga bisa mendukung standardisasi aplikasi-aplikasi tertentu. Maka, disarankan untuk update sistem operasi android jika memungkinkan. Cara dengan masuk pengaturan atau setelan, pilih about, kemudian system update dan lihat apakah disana ada ketersediaan update OS android terbaru.

7. Factor Reset Smartphone (Kembali ke Pengaturan Pabrik)
Menurut kami, ini adalah cara yang paling ekstrim, karena dengan factor reset, secara otomatis semua data yang pada smartphone Anda akan lenyap. Caranya dengan masuk pengaturan atau setelan, pilih backup & reset, kemudian pilih factor data reset (kembali ke pengaturan pabrik). Namun sebelum melakukan langkah ini, sebaiknya akan backup terlebih dahulu data yang penting bagi Anda. *Kami juga tidak menjamin dengan reset factory ini, masalah Anda akan selesai.

8. Report
Cara terakhir adalah dengan melakukan report atau laporan pada pihak pengembang/developer jika memungkinkan. Namun cara ini menurut kami kurang efektif, karena belum tentu laporan kita ditanggapi. Tetapi tidak ada salahnya untuk di coba.

Demikianlah ke-delapan Penyebab dan ke-delapan Tips Untuk Mengatasi Force Close Asus Zenfone. Semoga berhasil dengan masalah yang bersangkutan dengan artikel ini. Jangan bosan untuk sering-sering berkunjung kesini, karena masih banyak artikel menarik lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan.

Referensi : http://golekasus.blogspot.co.id/2016/01/penyebab-dan-cara-mengatasi-force-close.html

0 comments

Post a Comment