Friday, January 8, 2016

Perbandingan Hasil Video dari Sony Alpha a7S II dengan Mata Manusia

Teknologi kamera semakin hari semakin canggih, dengan berbagai fitur di dalamnya untuk menunjang aktifitas fotografi. Selain semakin memberikan kualitas gambar yang menakjubkan, kamera saat ini juga mampu menangkap gambar dalam keadaan gelap sekalipun. Misal menggunakan tambahan lampu flash, atau menaikkan ISO.

kamera-vs-mata

Seperti salah satu kamera mirorrless yang belum lama hadir, Sony Alpha a7S II, yang mana kali ini akan dibandingkan dengan mata manusia, saat pengambilan video. Dikutip dari Petapixel, Senin (4/1/2016), disebutkan bahwa pengujian yang dilakukan oleh salah satu videografer asal Yunani, Boji, ingin menguji seberapa tangguh hasil video dari Sony Alpha a7S II yang fenomenal.
Saat diuji dalam keadaan sangat minim cahaya, pada video yang Boji bagikan melalui situs YouTube, hasilnya sangat mencengangkan. Pertama, Boji mengatur kamera tersebut agar hasil video tersebut mirip dengan apa yang dia lihat sesuai dengan matanya. Kemudian untuk menguji keampuhan kamera ini pada pengaturan ISO tinggi, hasil dari video yang ia bagikan sangatlah terang. Boji mengatakan bahwa dia mengatur ISO pada kamera Sony Alpha  a7S II ini antara 64.000 hingga 256.000. Dia juga mengatakan bahwa hasil video tersebut tidak diberi efek noise reduction.
sony-alpha-a7s-ii-0
Bisa kita lihat hebat sekali bukan kemampuan kamera mirrorless dari Sony ini. Bagi yang belum tahu, kamera mirrorless Sony Alpha a7S II ini dibekali dengan kemampuan merekam hingga resolusi 4K. Ditambah lagi dengan teknologi tinggi, kamera dengan sensor 12,2 megapiksel ini mampu merekam video dengan penggunaan ISO hingga 409.600.
Namun jika dibandingkan kualitasnya, tentu mata manusialah yang memiliki kualitas gambar paling tajam dan paling jernih. Karena kemampuan mata manusia terbatas pada malam hari, terutama pada kondisi minim cahaya, maka perlu bantuan teknologi untuk dapat melihat pada kondisi tersebut. Jadi tetap tidak bisa disamakan ya mata manusia dengan kamera.

0 comments

Post a Comment