Monday, September 19, 2016

Kenapa Smartphone Bisa Meledak? Ini Penyebabnya

Kenapa Smartphone Bisa Meledak? Ini Penyebabnya

Sejumlah insiden meledaknya Samsung Galaxy Note 7 memang menjadi sorotan publik. Kita pun dibuat penasaran, kok bisa ya baterai smartphone meledak? Jangan-jangan smartphone yang kamu gunakan juga berpotensi meledak.
Sebenarnya, Samsung Galaxy Note 7 bukanlah smartphone pertama yang mengalami masalah baterai dan dijamin bukan yang terakhir juga. Lalu, faktor apa saja yang membuat baterai smartphone meledak? Penasaran banget kan? Simak ulasannya berikut ini.

Apa yang Bisa Membuat Baterai Meledak?

Overheat Karena Pengisian yang Berlebihan

charge terlalu lama
Ada dua faktor kenapa baterai lithium bisa meledak, yakni overheat karena pengisian yang berlebihan serta faktor kerusakan fisik. Hal ini biasanya karena ada sesuatu yang tidak beres di sirkuit pengisian, sehingga pengisian daya terus berlanjut, dan mendorong reaksi kimia. Baterai pun akhirnya mengalami overheat, tapi karena masih sedang mengisi, sistem tidak bisa mendinginkan dan menyebabkan apa yang dikenal sebagaithermal runaway.
Dalam hal ini, bagian baterai yang panas mulai menghasilkan panas sendiri. Sehingga membuat bagian elektrolit menjadi terlalu panas dan menciptakan uap, serta membangun tekanan sampai memecahkan casingbaterai. Panas pun menyebar ke komponen lain dan sangat mudah terbakar setelah terkena udara.

Kerusakan Fisik

kerusakan fisik
Baterai lithium dirancang seringan mungkin, namun untuk memberikan output yang tinggi dan mudah diisi ulang. Penghalang yang memisahkan elektroda sangatlah tipis dan ringan. Jika struktur baterai itu sendiri rusak, maka sirkuit pendek akan terjadi sehingga membuat elektrolit panas dan menciptakan tekanan baterai serta membuat casing baterai pecah. Panas yang menyebar membuat komponen lain terbakar.
Ternyata casing tipis yang ada pada smartphone merupakan tindakan pencegahan dalam hal keselamatan. Pasalnya, casing metal yang tipis lebih mudah pecah, sehingga tekanan yang dihasilkan meski tidak terlalu besar pun bisa meretakkan casing. Sementara, metal pada dasarnya bisa menjadi lubang ventilasi karena mampu menyalurkan panas. Coba bayangkan, jika casing smartphone tebal dan tekanan tertahan, akibatnya tentu bisa lebih fatal.

Bagaimana Dengan Galaxy Note 7?

samsung galaxy note 7 meledak
Banyak pihak yang membuat tebakan tentang apa yang terjadi pada baterai Galaxy Note 7. Namun, tidak ada yang tahu pasti kenapa baterai Galaxy Note 7 bisa meledak selain Samsung sendiri. Yang jelas perusahaan asal Korea Selatan ini pun mengimbau pengguna untuk berhenti menggunakan Galaxy Note 7 mereka dan mengembalikan ke service center.
Sementara, penggantinya sudah dalam tahap produksi dan segera didistribusikan. Selain penggantian unit baru, bahkan ada beberapa yang menawarkan pengembalian dana langsung.

Tips Agar Smartphone Tidak Meledak

Tips Agar Smartphone Tidak Meledak
Bukan hanya Galaxy Note 7 yang bisa meledak, smartphone yang kamu gunakan juga ada kemungkinan berpotensi menghasilkan panas berlebih. Banyak banget faktor yang membuat baterai smartphone cepat panas, dari mulai menggunakan smartphone saat sedang di-charge, dan memakai charger yang tidak original. Lebih lanjut kamu bisa membaca di artikel berikut: Smartphone Sering Panas? Ini Dia Penyebab dan Solusi Jitunya. Intinya sih jangan berlebihan menggunakan smartphone, terlebih ketika smartphone kamu sedang di-charge. Jadi, bagaimana tanggapan kamu soal insiden meledaknya Samsung Galaxy Note 7?

0 comments

Post a Comment