Tuesday, September 15, 2015

Mari Mengintip Meja Kerja Bos Facebook.


Sobat Jemari, Facebook baru saja menempati kantor pusat. Untuk memberikan gambaran mengenai tempat kerja tersebut, Bos Facebook Mark Zuckerberg secara langsung menunjukkan tempat kerjanya bahkan dia tidak segan-segan menunjukkan meja kerjanya.

Dalam video “First Live Video at Facebook” yang diunggah di video jejaring sosial, Mark yang mengenakan T-shirt berwarna abu-abu memulai percakapan dengan cerita bahwa tim-nya baru saja menempati kantor tersebut beberapa bulan lalu.

Mark menjelaskan, kantor pusat Facebook sengaja dibuat tanpa sekat dan transparan. Ini dilakukan agar kantornya memiliki ruang terbuka sehingga sesama karyawan bisa berdekatan satu dengan yang lain.

“Idenya orang bisa dekat satu dengan lainnya, bisa berbagi dan komunikasi sehingga bisa menciptakan kolaborasi. Kami berpikir ini merupakan kunci terbaik untuk membangun komunitas,” tutur Mark.



Pada kesempatan yang sama, Mark pun menunjukkan meja kerjanya. Tidak ada yang spesial di meja kerja Mark. Hanya ada komputer jinjing asal Apple, sejumlah buku yang bisa dibaca di sisi kanan dan kiri meja, papan nama “facebook” yang akan dijadikan logo terbaru.

“Ada (replika) satelit yang sedang kita kerjakan untuk kepentingan data dan sejumlah benda lainnya,” papar Mark.

Setelah itu, Mark juga menunjukkan ruang rapat Facebook. Masih tetap mengusung keterbukaan, ruang rapat tersebut berada di tengah kantor dipasang kaca di seluruh sudut ruangan sehingga orang dari luar ruang rapat dapat melihat apa yang terjadi di dalam rapat.

“Di sini saya menghabiskan waktu. Ruang terbuka ini dibuat sengaja untuk transparan sehingga orang bisa melakukan apa yang mereka bisa dan melakukan yang terbaik,” tutup Mark.

(okezone.com)

0 comments

Post a Comment